Minggu, 03 Mei 2015

Cara Mudah Membuat Kuteks dari Bahan Alami

Cara Mudah Membuat Kuteks dari Bahan Alami

 

 

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang tidak terpisahkan dari kecantikan wanita. Karena hal itulah, kini begitu banyak cara untuk menghias kuku agar terlihat cantik terawat. Salah satunya adalah dengan memberikannya pewarna kuku atau lebih dikenal dengan istilah henna atau kuteks. Wanita mempunyai kecenderungan mewarnai kuku untuk mempertegas kesan feminim dan cantik pada diri mereka, ini jelas berbeda dengan pria. Pria yang menggunakan kuteks cenderung dianggap lucu, mungkin ini dikarenakan begitu lekatnya kuteks dengan sisi kehidupan wanita.
Kuteks sendiri ada dua macam, alami dan buatan. Kuteks dengan bahan buatan lebih memiliki warna yang bervariasi daripada kuteks dari bahan alami. Namun, perlu kita ketahui bahwa kuteks dengan bahan alami memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan kuteks buatan. Memang, kuteks buatan dengan kandungan bahan kimianya sering membuat masalah jangka panjang tidak hanya bagi kesehatan kuku namun juga kesehatan tubuh. Kuteks buatan mengandung zat yang kurang ramah bagi kesehatan, ini dikarenakan kebanyakan produsen fokus terhadap kualitas namun mereka mengesampingkan kesehatan konsumen.
Karena begitu banyak efek samping dari penggunaan zat-zat tidak ramah lingkungan ini, maka lebih baik jika anda menggunakan bahan alami untuk menghias kuku anda yang indah. Meskipun kuteks alami hanya terdiri dari sedikit variant warna, namun kuteks jenis ini akan membuat kesehatan kuku anda terjaga dengan baik. Anda bisa membuat kuteks alami ini dengan cara yang mudah dan juga murah. Meskipun murah dan mudah, namun hasilnya tidak kalah dengan kuteks buatan. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika kita mengintip sedikit cara membuat kuteks dari bahan alami yang bisa anda praktikkan sendiri.


Bahan

  1. Daun pacar kuku dan gambir atau kapur
  2. Wadah nantinya akan digunakan untuk menumbuk, jadi pilihlah wadah yang kuat dan tidak mudah pecah. Sediakan pula satu buah batu untuk menumbuk
  3. Sediakan daun dan tali sejumlah dengan kuku yang akan diwarnai. Tali ini berfungsi untuk mengikat jari dengan daun yang menutupi kuteks. Pilihlah daun yang lebih lebar dan yang tidak mudah sobek. Jika anda tidak menemukannya, gunakanlah plastik untuk membungkus jari anda.
  4. Setelah anda menyiapkan bahan-bahan diatas, mari kita tengok cara membuat kuteks dibawah ini.
Cara membuat kuteks

  1. Cara membuat kuteks yang pertama adalah dengan membersihkan daun pacar yang sudah anda siapkan. Kemudian, tumbuklah daun pacar dalam wadah sampai halus. Usahakan agar tumbukan tidak terlalu berair tapi padat. Ini bisa anda siasati dengan menumbuk daun pacar dalam jumlah yang cukup banyak.
  2. Cara membuat kuteks yang kedua adalah dengan memasukkan sedikit kapur atau gambir kedalam tumbukkan daun pacar. Ini berguna untuk memaksimalkan hasil dari kuteks yang anda buat. Jika anda tidak mempunyai gambir atau kapur, anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menggantikannya. Jika anda menggunakan jeruk nipis, usahakan anda menggunakan sedikit air saja. Kadar air yang cukup banyak akan membuat kuteks lama kering dan hasilnya pun tidak maksimal.
  3. Setelah tumbukkan daun pacar halus dan tercampur merata, taruhlah sedikit diatas kuku. Usahakan untuk menaruhnya sesuai dengan lebar kuku anda sehingga daun pacar tidak mewarnai kulit sekitar kuku anda. Untuk menghindari kuteks mewarnai kulit anda, gunakanlah sarung tangan.
  4. Tutuplah dengan plastik atau daun. Sebaiknya tutuplah kuku hingga ¼ dari jari anda. ini akan menghindari daun pacar yang jatuh dan berserakan.
  5. Ikatlah jari anda dengan tali. Usahakan mengikatnya dengan erat untuk menghindari daun pacar terlepas atau bergeser.
  6. Bukalah sekitar 15-30 menit dan lihatlah hasilnya pada kuku cantik anda.
http://blog.shopious.com/tips-beauty-kecantikan/cara-membuat-kuteks-dari-bahan-alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar